TRIK MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR SISWA
Memiliki siswa yang penuh semangat dan ceria dalam proses pembelajaran merupakan kebanggaan tersendiri, hal ini menunjukkan adanya kebersamaan dari siswa dan guru.Untuk membangun semua itu tidak mudah perlu kerja keras dan metode yang pas.
Kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar siswa di dalam kelas bahkan untuk menciptakan persaingan belajar.
1. MEMBANGUN KOMITMEN BERSAMA
Dalam membangun komitmen bersama antara siswa dan guru contohnya Saya pernah membangun komitmen bersama dengan siswa masuk kelas jam 07.15 menit Jika siswa telat maka akan dihukum dengan salat Dhuha satu kali, akan tetapi jika gurunya telat maka dihukum juga dengan salat Dhuha dengan dua kali salat duha. Komitmen dalam memberikan PR siswa siswa siap menerima PR maksimal 5 nomor pada setiap satu Pelajaran dan dalam satu minggu tidak boleh ada PR lebih dari 3 Pelajaran
2. MENGIDENTIFIKASI MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN
Pada awal pembelajaran seorang guru sebaiknya mengidentifikasi siswa berkaitan dengan mata pelajaran misalkan pelajaran matematika di dalam kelas ada berapa orang yang suka pelajaran IPA ada berapa,hal ini memudahkan kita untuk memahami karakter siswa di dalam kelas itu sendiri jika dalam satu kelas lebih banyak yang tidak suka terhadap matematika maka seorang guru harus berupaya menciptakan pembelajaran matematika yang mudah menyenangkan dan tidak terlalu memberatkan terhadap siswa dan yang paling penting adalah mencoba membangun kedekatan emosional dan memahami siswa yang tidak senang terhadap matematika supaya bisa menerima dan menyenangi matematika
3. MEMBERIKAN REWARD ATAU PENGHARGAAN
Memberikan reward atau penghargaan tidak selalu harus berupa benda bisa saja berupa ucapan, pemberian bintang atau pemberian nilai pengalaman saya pada saat memberikan reward terhadap siswa mencoba memotivasi siswa dengan memberikan pujian atau nilai jika hal ini berkaitan dengan mapel misalkan ketika belajar matematika ada salah satu siswa yang dapat menjawab soal pretest atau pertanyaan pembukaan pada pembelajaran maka guru memberikan nilai terhadap siswa tersebut hal ini berdampak motivasi bagi yang lain agar bisa memberikan jawaban karena kendala di kelas kami biasanya siswa takut menjawab atau mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Pemberian pujian atau reward atau penghargaan bisa saja berupa bentuk pengamalan pelajaran misalkan ada siswa yang telat masuk kelas tetapi dia memberikan alasan bahwa dirinya telat akibat dari membantu orang tua di rumah hal ini bisa saja kita memberikan nilai untuk mapel yang sesuai misalkan mapel PPKN atau akidah akhlak sehingga hal ini menjadi nilai tambah bagi siswa bukan malah menjadi beban bagi siswa karena siswa tersebut sudah mengamalkan materi pelajaran yang ada di dalam kelas di dalam kehidupannya.
4. MELAKSANAAKAN PENILAIAN HARIAN
Salah satu tugas guru adalah memberikan penilaian harian untuk mengetahui capaian pembelajaran yang telah dilaksanakan dalam memberikan penilaian tidak selamanya harus berupa kognitif bisa juga berupa penilaian praktek pemberian proyek atau memberikan penugasan terhadap siswa jika siswa. Penilaian ini dilakukan secara rutin setiap hari sehingga sehingga dapat diakumulasikan dalam raport offline yang yang disediakan dalam bentuk Excel dan dapat diketahui akumulasinya sehingga terbentuklah peringkat mingguan atau peringkat bulanan hal ini berdampak positif bagi siswa untuk lebih giat dalam proses belajar baik di sekolah ataupun di rumah.
Pemberian peringkat harian mingguan ataupun bulanan memiliki manfaat bagi siswa dan guru bagi siswa tentunya bisa mengetahui pencapaian mereka dalam proses pembelajaran dalam kelas dan babi guru dapat mengetahui pencapaian hasil proses belajar mengajar di dalam kelas dan dapat mengetahui siswa mana yang memiliki kemampuan lebih tinggi pada materi pelajaran tertentu bisa saja siswa yang memiliki nilai tinggi pada materi pelajaran matematika tetapi memiliki pencapaian yang rendah pada materi pelajar al-quran hadist hal ini menjadi rujukan bagi guru untuk memberikan tambahan atau memberikan motivasi bagi siswa bagaimana supaya nya agar siswa tersebut lebih baik pada pelajaran tersebut
Memberikan penilaian hari anda saja merupakan sesuatu yang berat bagi guru akan tetapi jika hal ini dilaksanakan menjadi kekasih kan tersendiri bagi seorang guru kita kadang merasa berat karena tidak mencoba dibiasakan
5. MENAJADIKAN MATERI PELAJARAN SEBAGAI PEMBIASAAN
Biasain ya sebelum pulang kita berdoa dengan membaca surat al azhar tetapi bila saja dirubah sebelum pulang kita berdoa dengan materi quran surat pendek yang ada pada kelas tertentu misalkan di kelas enam materinya sudah atuh anak kita mencoba melaksanakan berdoa dengan membaca surat ad-dhuha
6. MELAKSANAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AJAR YANG FAREATIF DAN TEPAT
Dalam proses pembelajaran kita berusaha menggunakan metode yang paling tepat untuk materi pelajaran yang kau disampaikan biasanya kita lebih banyak menggunakan metode ceramah hal ini tentu saja menjadikan kejenuhan bagi siswa dalam kardus pembelajaran sementara metode pembelajaran sangat banyak misalkan ada metode belajar yang populer dengan sebutan kuncung karya metode quiz metode bermain peran dan metode-metode lainnya
7. MENGGUNAKAN APLIKASI RAPOT OFLEN SEBAGAI SARANA EVALUASI PENCAPAIAN BELAJAR SISWA
Sanagat penting sekali kita memberikan laporan tertulis pada siswa dan wali siswa akan capaian belajar siswa agar perkembangan siswa dapat dipantau dan diketahuai. Rapot oflen merupakan aplikasi yang tepat untuk dijadikan alat ukur dan pengumpulan data kemajuan siswa, karena pada aplikasi ini bisa seorang guru memasukan nilai harian siswa dan terdapat legernya sehingga peringkat atau rengking dapat di ketahui oleh siswa dan guru.
Aplakasi Rapot Oflen Siswa MI Sukajadi 1
0 Response to "TRIK MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR SISWA"
Posting Komentar