OBSERVASI MI SUKAJADI 1 2025
Study Observatif SWOT di MI Sukajadi 1
Berbasis Budaya Lokal sebagai Dasar Evaluasi
dan Pengembangan Madrasah
Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mandiri
Mata Kuliah Perecanaan
Pembelajaran
Dosen Pengampu :
Drs. H. Hasanudin, M.Pd. 1
Disusun oleh:
Hala Nadimah |
: 2307001145 |
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM DARUSSALAM
2025
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sukajadi 1 merupakan salah satu lembaga
pendidikan dasar Islam yang berperan penting dalam mencetak generasi yang
berakhlak mulia, cerdas, dan berdaya saing. Di tengah perkembangan zaman dan
tuntutan kualitas pendidikan yang semakin tinggi, MI Sukajadi 1 dituntut untuk
terus berinovasi dan meningkatkan mutu pelayanan pendidikannya.
Untuk dapat berkembang secara berkelanjutan, diperlukan suatu
kajian strategis yang mampu menggambarkan kondisi aktual madrasah baik dari
segi internal maupun eksternal. Oleh karena itu, dilakukanlah analisis SWOT
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) sebagai salah satu metode untuk
mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dimiliki oleh
MI Sukajadi 1.
Melalui pendekatan SWOT ini, diharapkan dapat ditemukan potensi
besar yang dapat dikembangkan lebih lanjut serta tantangan-tantangan yang perlu
diantisipasi. Hasil dari analisis ini akan menjadi dasar dalam penyusunan
strategi pengembangan madrasah secara tepat sasaran, baik dalam aspek
manajemen, kurikulum, sumber daya manusia, maupun pelayanan pendidikan secara
keseluruhan.
Dengan demikian, pelaksanaan observasi ini bukan hanya sebagai
bentuk tugas akademik, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam memberikan
kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di MI Sukajadi 1.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana
kekuatan dan kelemahan internal madrasah?
2. Apa saja
peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal madrasah?
1.3 Tujuan Observasi
Adapun tujuan dari kegiatan observasi ini adalah:
1. Mengetahui
kondisi objektif madrasah secara menyeluruh.
2. Mengidentifikasi
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman madrasah.
3. Memberikan
rekomendasi strategi pengembangan madrasah.
1.4 Manfaat Observasi
Kegiatan observasi ini diharapkan memberikan manfaat bagi berbagai
pihak, antara lain:
1.
Bagi
Mahasiswa: Memberikan pengalaman langsung dalam melakukan analisis situasi
lembaga pendidikan serta mengasah keterampilan berpikir kritis dan reflektif.
2.
Bagi
MI Sukajadi 1: Menjadi bahan masukan atau refleksi dalam rangka meningkatkan
kualitas pendidikan dan pengelolaan madrasah secara keseluruhan.
3.
Bagi
Lembaga Pendidikan Tinggi: Menjadi bagian dari kontribusi akademik dalam
pengembangan pendidikan dasar Islam melalui keterlibatan mahasiswa secara
langsung.
GAMBARAN UMUM MADRASAH
A. Identitas Madrasah
Nama Madrasah :
MI Sukajadi 1
Alamat : Dusun
Sukasari Rt.09/ Rw.03 Desa Sukajadi Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis Provinsi
Jawa Barat
Tahun Berdiri :
1965
Nama Kepala Madrasah : Muhaimin,
S.Pd.I
Jumlah Guru dan Siswa : 317 Siswa
dan 13 Guru dan 1 Kepala Sekolah
Status :
Swasta
B. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah
Visi
Mewujudkan lulusan yang berakhlakul
karimah, unggul dan Kreatif
Indikator ;
1. Berakhlakul
karimah di madrasah, rumah dan Masyarakat
2. Unggul di
bidang voli, kaligrafi, Tahfid dan IT
3. Dapat
membuat karya yang orsinil atau memodifikasi
Misi
1.
Mengajarkan
dan mengembangkan ajaran islam ahli sunah waljamaah
2.
Mengembangkan
minat dan potensi siswa di bidang olahraga dan seni
3.
Memfasilitasi
siswa dalam mengembangkan bakat di dunia IT
4.
Memanfaatkan
teknologi sebagai sarana penunjang belajar
Tujuan
1.
menjadikan
lulusan memiliki akhlakul karimah di madrasah, rumah dan masyatakat
2.
menjadikan
lukusan dapat membaca alquran dan praktek solat 5 waktu
3.
menjadikan
lulusan memiliki keunggulan di bidang olahraga voly ball
4.
Menjadikan
lulusan memiliki keterampilan di bidang kaligrafi
5.
menjadikan
lulusan dapat membuat games word wal
BAB III
HASIL OBSERVASI DAN
ANALISIS SWOT
A.
Metode Pengumpulan Data
1. Wawancara dengan kepala
madrasah, guru, dan staf
2. Observasi langsung
lingkungan madrasah.
3. Dokumentasi data dan
fasilitas yang tersedia.
B. Hasil Observasi dan Wawancara
1. Strengths (Kekuatan)
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, MI Sukajadi
1 memiliki kekuatan utama yaitu kebersamaan, inovasi, tidak membeda-bedakan
guru atau tenaga pendidikan. Serta memiliki beberapa tambahan kekuatan sebagai
berikut:
·
Tenaga
pendidik yang kompeten, dengan mayoritas guru telah memiliki sertifikasi
pendidik dan pengalaman mengajar yang memadai.
·
Lingkungan
madrasah yang religius dan disiplin, mencerminkan karakter Islami dalam setiap
aktivitas harian.
·
Hubungan
baik dengan orang tua dan masyarakat, melalui komite madrasah yang aktif dan
partisipatif.
·
Program
unggulan yang bervariasi, antara lain:
-
Tahfidz
Al-Qur’an, sebagai program pembinaan spiritual siswa.
-
Ekstrakurikuler
olahraga bola voli, yang melatih fisik dan kerjasama tim siswa.
-
Kegiatan
berbasis kearifan lokal, seperti tawasul, al-barzanji, yasinan, dan bakti
sosial, yang menguatkan nilai budaya dan spiritual masyarakat sekitar.
-
Pengenalan
teknologi informasi (IT) melalui pelatihan desain grafis dan video editing
menggunakan Canva dan CapCut, yang mempersiapkan siswa menghadapi era digital.
·
Kegiatan
ekstrakurikuler yang mendukung minat dan bakat siswa, disesuaikan dengan
kebutuhan dan potensi lokal.
2. Weaknesses (Kelemahan)
Kelemahan yang ada di madrasah Ibtidaiyah Sukajadi 1 yaitu kurangnya pengadministrasian kegiatan atau program, seperti pengolahan nilai dan pengevaluasian soal setiap mata
pelajaran yang di sampaikan di setiap kelasnya masing-masing dan kurangnya
kekompakan dari setiap pendidik ketika melaksanakan rapat kerja formal tetapi
program tersebut bisa terakomodir dan terlaksana secara lancar.
Jumlah ruang kelas yang terbatas, sehingga beberapa kelas harus
ikut ke fasilitas masyarakat seperti Madrasah Diniyyah yang ada lingkungan
sekitar, karena rombel kelas yang tersedia di MI Sukajdi ada 6 sedangkan yang
di butuhkan dalah 12 rombel
3. Opportunities (Peluang)
MI Sukajadi 1 memiliki peluang pengembangan yang baik, di
antaranya:
·
Dukungan
program pemerintah, seperti dana BOS, BOP, dan program digitalisasi madrasah.
·
Letak
madrasah yang strategis, dekat dengan pemukiman penduduk yang padat dan mudah
diakses.
·
Antusiasme
masyarakat terhadap pendidikan agama, yang mendukung eksistensi madrasah secara
jangka panjang dan mempunyai keunggulan bagi siswanya untuk bisa tadarus
Al-Qur’an, tawasul dan al-barzanji yang di butuhkan di lingkungan sehingga
menjadi daya tarik bagi masyarakat dalam perspektif keagamaan.
4. Threats (Ancaman)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, MI Sukajadi 1 menghadapi
sejumlah tantangan dari faktor eksternal yang dapat memengaruhi stabilitas dan
perkembangan madrasah. Beberapa ancaman tersebut antara lain:
·
Persaingan
dengan sekolah dasar lain, terutama sekolah swasta modern dan sekolah berbasis
internasional yang menawarkan fasilitas lebih lengkap dan program unggulan yang
menarik minat orang tua.
·
Perubahan
orientasi pendidikan masyarakat, terutama minat orang tua yang mulai condong
pada sekolah yang berfokus pada pendidikan umum berbasis teknologi dan
keterampilan global.
BAB IV
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil observasi SWOT, sekolah
memiliki sejumlah kekuatan seperti tenaga pendidik yang kompeten, fasilitas
pembelajaran yang kurang cukup memadai dikarenakan kekurang ruang kelas, serta
dukungan dari masyarakat sekitar yang aktif dalam kegiatan sekolah. Namun,
masih terdapat kelemahan seperti kurangnya pengadministarisan dalam metode
pembelajaran, dan manajemen waktu yang belum optimal.
Di sisi lain, sekolah memiliki peluang besar
untuk berkembang melalui kerja sama dengan instansi luar, pemanfaatan teknologi
digital dalam pendidikan, serta meningkatnya minat masyarakat terhadap
pendidikan berkualitas. Meski demikian, sekolah juga menghadapi ancaman seperti
persaingan antar sekolah, perubahan kurikulum yang cepat, dan kurangnya
pembangunan fasilitas sekolah.
Dengan memahami hasil analisis SWOT ini,
sekolah dapat menyusun strategi yang lebih tepat untuk meningkatkan mutu
pendidikan, memperkuat keunggulan yang dimiliki, memperbaiki kelemahan,
memanfaatkan peluang yang ada, serta meminimalkan potensi ancaman di masa
mendatang.
https://www.misukajadi1pamarican.sch.id/
Hofrichter, Markus - Análise SWOT: Quando usar e como fazer / Hofrichter,
Markus. – 1. ed. – Porto Alegre : Revolução eBook, 2017. Recurso digital : il.
Formato: ePub2 Requisitos do sistema: Adobe Digital Editions Modo de acesso:
World Wide Web ISBN 9788582454206 1. SWOT. 2. Análise SWOT. 3. STRENGTHS,
WAKNESSES, OPPORTUNITIES, THREATS. 4. . I. Título.
LAMPIRAN DOKUMENTASI
0 Response to "OBSERVASI MI SUKAJADI 1 2025"
Posting Komentar