5 M Penting untuk Kesuksesan PBM

 

Kurikulum 2013 mengamanatkan pendekatan saintifik untuk mewujudkan cita-cita pendidikan nasional, 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengolah Informasi Mengkomunikasikan). Melalui hal itu maka dalam penerapan pembelajaranya harus bisa mengamalkan 5M untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan saintifik sudah berjalan dengan baik.

Dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Card Sort merupakan metode yang menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan lewat permainan kartu. misalnya materi Mufrodat:



kartu 1 artinya bagaimna




Kartu 2 artinya baik




dan seterusnya kita membuat kartu sejumlah kata pada mufrodat dan nantinya dibagikan pada setiap siswa. langkah 5 M akan terjadi melalui kegiatan sebagai berikut:


  1.  Mengamati = dengan siswa berikan kartu yang di dalamnya ada 1 atau dua kata bahasa arab
  2. Menanya = masing masing siswa akan sepontan saling menanyakan kartunya masing-masing
  3.  Mengumpulkan informasi = cara ini biasanya  di lakukan dengan membuat kelompok dan masing masing kelompok untuk menterjemahkan mufrodat yang disiapkan
  4.  Mengolah Informasi = Dalam 1 kelompok pasti akan bermusyawarah untuk meterjemahkan kalimat yang ada. Dan kartu bias di tukar dengan kelompok lain.
  5. Mengkomunikasikan = setelah selesai masing-masing kelompok bisa mengkomunikasikan hasil kerjanya atau melakukan presentasi.

Proses pembelajran sepertinya akan meningkatkan efektifitas dan aktifitas siswa dalam belajar.

 


0 Response to "5 M Penting untuk Kesuksesan PBM"

Posting Komentar