METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BEBAS KANTUK
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam
melakukan pembelajaran yang disusun secara
sistematis untuk mencapai tujuan belajar yang menyangkut sintaksis, sistem
sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung (Joice&Wells).
metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana
yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Misalnya pada strategi discovery learning kita dapat
memakai metode problem solving atau studi kasus.
Metode pembelajaran Bahasa arab Asisk dan menyengkan
Metode Card Sort merupakan metode yang menciptakan kondisi pembelajaran yang
bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas yang diberikan lewat permainan kartu
Langkahnya:
1. 1. Sediakan kartu
ukuran 10 cm x 15 cm atau di sesuaikan
2. 2. Tulis masing
masing kartu dengan satu kata dan artinya
3. 3. Bagikan pada setiap siswa dan siswa membacakanya secara bergilir lafal arab dan artinya.
4. 4. Bentuklah kelompok
misalnya dalam 1 kelompok ada 5 siswa
Jika sudah terbentuk
kelompok masing harus bekerja sama untuk menterjemahkan mufrodat yang di
tentuakan mislanya adarsul awwal
5. 5. Perwakilan kelompok 1, 1 siswa membacakan kalimat pertama, nanti siswa yang memenggang kartu dengan yang kata yang sama yang di ucapkan siswa maju kedepan untuk mendiskukusikan maknanya, mislalnya هد كتب جديد maka pemegang kartu هد kartu كتب dan kartu جديد maju kedepan dan mendiskusikan artinya, kalau sudah yakin di bacakan.
6. 6. Jika terjemahanya benar maka di lanjutkan dengan kalimat berikutnya dan kelompok berikutnya,
Setelah selasai di baca secara klasikal dibimbing oleh guru
dalam metode ini 5M sudah di laksanakan yaitu
- Mengamati
- Mennaya
- Mengumpulkan informasi
- Mengolah informasi
- Mengkomunikasikan atau mempresentasikan
0 Response to "METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BEBAS KANTUK"
Posting Komentar